4 Cara Mudah Tidurkan Anak Tanpa Ribet

Tidur merupakan waktu istirahat bagi tubuh. Terlebih bagi anak-anak, tidur menjadi saat bagi tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Namun bagi beberapa orang tua, menidurkan anak menjadi hal yang tidak mudah dilakukan. Meski malam sudah larut, anak-anak masih betah bermain games ataupun menonton acara kesukaan mereka. Tugas membawa anak ke dunia mimpi akan menjadi semakin sulit.

Sementara itu, jika anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup tidak hanya akan mengganggu kesehatan, tapi juga tingkah laku mereka. Anak-anak yang kurang tidur akan lebih rewel dibanding biasanya. Karena itu, simak beberapa tips di bawah ini untuk membantu menidurkan si kecil!

  • Hindari makan sebelum tidur

Sebenarnya, tidak salah untuk makan di malam hari, asalkan setelah makan terdapat jeda waktu yang cukup panjang sebelum tidur. Dengan begitu, tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan sebelum beristirahat saat tidur. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna adalah sekitar 3-4 jam. Karena itu, alangkah baiknya jika orang tua dapat memberikan asupan makanan pada sore hari. Dengan begitu, jika ditambah waktu untuk tubuh mencerna makanan, si kecil bisa tidur di jam yang tidak terlalu malam.

Selain itu, makan sebelum tidur dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, penyakit lambung, bahkan mengurangi kualitas tidur. Terlebih dalam masa perkembangan, anak membutuhkan hormone pertumbuhan yang dihasilkan 30 menit setelah tertdur. Namun, hormone ini akan bekerja dengan maksimal ketika lambung tidak terisi penuh. Karena itu, agar hormone ini dapat keluar dengan sempurna, pola makan dan tidur anak harus disesuaikan.

Baca juga 3 Kisah Petualangan Seru Putri Disney yang Cocok Jadi Pengantar Tidur. Yang Mana Favoritmu?

  • Membuat pola tidur yang teratur

Salah satu hal yang menyebabkan si kecil sulit tidur adalah tidak adanya jadwal tidur yang tetap. Karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengatur pola dan waktu tidur bagi anak. Hal ini juga berkaitan dengan waktu makan dan tubuh untuk mencerna. Waktu tidur dapat ditetapkan dengan melihat kebiasaan si kecil yang tertidur pada jam-jam tertentu. Menurut penelitian di Australia menyebutkan pola tidur yang teratur dapat membantu perkembangan kecerdasan dan meningkatkan prestasi  akademik anak.

Lalu, berapa lama waktu yang tepat bagi anak untuk tidur? Bagi bayi berusia antara 0-1 tahun memiliki waktu tidur antara 14-15 jam yang terbagi menjadi 8 jam di malam hari dan 6-7 jam pada siang hari. Sedangkan, Batita (bayi di bawah tiga tahun) memliki waktu tidur ntara 12-14 jam yang terbagi atas 11 jam di malam hari, dan 2-3 jam pada siang hari. Sementara anak usia 4-6 tahun memliki waktu tidur antara 11-13 jam yang terbagi atas 9-10 jam pada malam hari dan 2-3 jam pada siang hari. Anak usia sekolah (7-12) tahun memiliki waktu tidur paling sedikit, yaitu antara 10-11 jam yang terbagi atas 8-9 jam di malam hari dan 2 jam di siang hari.

  • Suasana tidur yang nyaman

Setelah menentukan waktu tidur yang tepat dan teratur bagi anak, selanjutnya adalah dengan menciptakan atmosfer yang dapat anak lebih tenang. Ruang yang menyenangkan dan nyaman sehingga anak akan lebih mudah tertidur. Membuat ruang yang nyaman untuk tidur dapat dilakukan dengan meletakkan atau menambahkan benda kesayangan anak di sekitarnya. Dengan begitu, si kecil dapat merasa lebih tenang dan aman.

Selain itu, atmosfer damai juga bisa didapatkan dengan mengatur suhu dan ventilasi kamar yang cukup. Mematikan lampu kamar dan menutup gorden akan membuat suasana yang remang-remang dapat merilekskan mata anak dan membantu anak lebih mudah tertidur. Selain itu, tidur dalam keadaan gelap dapat memberikan manfaat bagi tubuh, seperti mencegah kanker dan obesitas, menurunkan resiko depresi, hingga meningkatkan kualitas tidur.

  • Membacakan dongeng

Selain semakin mendekatkan emosi orang tua dan anak, membaca dongeng sebelum tidur juga dapat menjadi alternative dalam menciptakan suasana yang tenang dan nyaman bagi anak. Dongeng dapat menjadi pengganti nyanyian pengantar tidur anak yang juga membantu meningkatkan daya imajinasi. Memulai kegemaran membaca dan menumbuhkan karakter yang baik bagi anak juga dapat dilakukan dengan membaca dongeng.

Di era sekarang orang tua tidak perlu lagi kesulitan mencari dongeng yang cocok untuk anak. Bersama dengan perkembangan teknologi, banyak aplikasi yang menyediakan dongeng menarik untuk si kecil. sebut saja aplikasi Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale. Aplikasi yang dipersembahkan oleh anak-anak negeri ini dapat membuat kegiatan menidurkan anak menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Membaca  akan lebih seru dan gembira dengan dongeng Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale yang menarik. Si kecil akan belajar mengenai dunia disekitarnya dengan cara yang menyenangkan. Orang tua dapat menerapkan karakter baik dalam cerita ke dalam kehidupan nyata. Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale juga dilengkapi dengan fitur narator yang dapat memudahkan orang tua bercerita pada anak. Princess Cherry  akan membacakan dongeng pada si kecil.

Ilustrasi dan animasi dengan kualitas tinggi membuat karakter menjadi lebih hidup. Cerita menjadi lebih berwarna dan kegiatan mendongeng menjadi lebih menyenangkan. Agar anak tidak bosan ketika mendengarkan dongeng, Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale juga dilengkap dengan games-games sederhana yang dapat menstimuasi otak anak. Dengan membuat interaksi langsung antara si kecil dan karakter dalam cerita dapat membantu anak meningkatkan imajinasi.

Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale menjadi aplikasi membaca yang tidak hanya interaktif, tapi juga aman, ramah dan mendidik bagi si kecil. Bagi para orang tua, dongeng ini bisa menjadi alternative untuk memperkaya kosakata baru dan meningkatkan kemampuan komunikasi dan berbahasa si kecil. Interaksi verbal antara orangtua dan anak pun akan lebih mudah terjalin dengan aplikasi membaca interaktiif Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale.

Kegiatan menidurkan anak tidak menjadi pekerjaan mudah bagi orang tua. Namun melalui kegiatan ini, emosi orang tua dan anak dapat lebih terjalin. Tempat paling nyaman bagi si kecil tidur adalah dalam balutan kasih sayang orang tua. Jadi, berminat untuk menerapkan tips di atas dan mencoba keampuhan aplikasi dongeng Jack and The Beanstalk Bedtime Story Fairytale? Jangan lupa bagi cerita pengalamanmu dalam menidurkan anak dalam kolom komen di bawah ini!

Leave a comment