Cara Seru Kenalkan Nasionalisme Pada Anak

Tahun 2018 sudah mulai memasuki bulan Agustus nih Mom and Dad. Bulan ini, seluruh Indonesia bergembira menyambut hari kelahiran Indonesia. Tiap tahun masyarakat berbondong-bondong merayakan hari kemenangan sebagai bukti kecintaannya pada tanah air. Lalu bagaimana dengan si kecil? Apakah Mom and Dad sudah mulai mengajarkan rasa cinta pada Indonesia?

Sebagai generasi penerus estafet perjuangan memajukan Indonesia, anak harus diajarkan sikap nasionalisme sejak dini. Selain itu, melihat sikap pemuda bangsa masa kini yang mulai lupa dengan nilai-nilai luhur bangsa, pengenalan sikap nasionalisme semakin penting untuk dilakukan. Nah, bagaimana cara mengenalkan dan menerapkan sikap nasionalisme pada si kecil dengan cara seru dan menyenangkan? Yuk simak di bawah ini!

  1. Berwisata ke museum dan tempat bersejarah

Selain untuk melepas lelah, berwisata bersama keluarga juga  bisa menjadi sarana untuk membuat anak lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Bahkan jika Mom and Dad mengajak si kecil berkunjung ke museum atau tempat bersejarah lainnya, ia dapat lebih mengenal sejarah dan kebudayaan Indonesia. Mom and Dad dapat menambah pengetahuan dan informasi bagi si kecil tentang negara yang ia tinggali sekarang.

Tidak hanya itu, dengan berkunjung ke tempat bersejarah dan museum, imajinasi si kecil dapat lebih terasah dengan menyaksikan langung tempat dimana sejarah penting Indonesia terjadi. Dengan begitu, ia akan merasa lebih dekat dan mencintai tanah airnya. Si kecil juga dapat merasakan nuansa yang baru yang mungkin tidak ia dapatkan di rumah ataupun lingkungannya, seperti dengan melihat benda-benda kuno dengan usia puluhan hingga ratusan tahun.

  1. Ajarkan nilai-nilai luhur bangsa

Indonesia memiliki banyak nilai-nilai luhur yang baik dan penting untuk diterapkan dalam kehidupan, terutama bagi si kecil. Misalnya saja nilai-nilai Pancasila yang melingkupi seluruh sendi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Atau Sumpah Pemuda yang mengajarkan kesatuan dan persatuan anak muda bangsa meski dari berbeda suku dan budaya.

Karena itu, penting bagi si kecil mengetahui nilai-nilai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Keadaan Indonesia yang terdiri dari banyak suku, ras, hingga kebudayaan menuntut si kecil agar bisa menerapkan sikap toleransi sebagaimana semboyan bangsa Indonesia. Mom and Dad juga dapat menjelaskan kepada si kecil tentang lambang negara  Indonesia dan menjelaskan setiap maknanya agar si kecil lebih mudah meresapi dan memahami symbol penting negaranya.

  1. Kenalkan keanekaragaman budaya lewat film, cerita, lagu dan mainan tradisional

Baca juga Ini Dia Permainan Zaman Dulu yang Bermanfaat Bagi Anak

Selain berkunjung ke tempat sejarah dan museum dan mengenalkan si kecil dasar-dasar negara, Mom and Dad juga dapat mengenalkan rasa nasionalisme melalui film, cerita rakyat, lagu, dan mainan tradisional. Dengan begitu, si kecil dapat melihat dan mengetahui ada banyak kebudayaan yang ada di Indonesia. Membuat si kecil memahami bahwa ia memilki banyak teman dari suku yang berbeda, sekaligus belajar sikap toleransi dan saling menghargai.

Mom and Dad dapat mengajak si kecil menonton film bersama, bermain bersama dengan permainan tradisional atau bahkan mengajak si kecil berkaraoke lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan. Mengenalkan si kecil akan Indonesia yang kaya akan budaya dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan. Dengan begitu, si kecil dapat merasa lebih bangga dan cinta pada Indonesia.

Cerita rakyat juga dapat menjadi alternative bagi orang tua untuk mengenalkan Indonesia pada anak dengan cara yang lebih menyenangkan. Melalui cerita-cerita itu, si kecil dapat belajar nilai-nilai luhur dan social Indonesia sekaligus kebudayaan dan sejarah tiap daerah di Indonesia.

Leave a comment