Ini Dia Permainan Zaman Dulu yang Bermanfaat Bagi Anak

Bersama berkembangnya teknologi, pola bermain anak-anak pun berubah. Hampir semua maininan kini berbasis pada teknologi, baik digital maupun mesin. Permainan zaman dulu yang khas akan kebebasan dan kebersamaan kini jarang dapat dilihat kembali, terutama permainan anak perempuan. Padahal banyak belajaran dan kesenangan alami yang berasal dari sana.

Meski sudah tidak banyak anak-anak yang tahu, ayah bunda masih bisa mengajarkan permainan zaman dulu yang bermanfaat bagi buah hati.  Apa saja permainan anak perempuan zaman dulu yang berguna bagi pertumbuhan si tuan puteri? Yuk cek bersama!

  • Congklak

Meski permainan ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerahnya, secara umum cara memainkannya sama saja. Permainan ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang. Congklak merupakan permainan dengan menggunakan papan yang berlubang. Lubang-lubang yang ada dalam papan tersebut diisi dengan keping biji-bijian atau kelereng.

Biji tersebut kemudian dipindahkan secara bergantian oleh pemain hingga salah satu pemain kehabisan biji. Pemenang permainan ini ditentukan dari banyaknya biji yang terkumpul. Pemain yang memiliki biji lebih banyak akan memenangkan permainan. Permainan ini dapat menjadi sarana anak-anak untuk belajar berhitung.

  • Engklek

Permainan ini biasanya dimainkan di tempat yang luas atau di pelataran rumah. Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan permainan ini hanyalah pecahan genteng atau keramik. Pertama-tama, dibuat terlebih dahulu kotak-kotak dengan pola tertentu di tanah. Kemudian pemain secara bergantian melemparkan pecahan genteng pada kotak yang digambar.

Dilanjutkan dengan pemain yang melompati kotak-kotak tersebut. Peraturan khusus yang harus diingat dalam permainan ini adalah pemain dilarang menginjak atau menyentuh garis kotak tersebut. Jika ia tanpa sengaja menyentuh, maka giliran bermainnya akan selesai. Selain bermanfaat untuk melatih fisik anak, permainan ini juga menggambarkan kebebasan anak perempuan yang bermain dengan lepas.

Baca juga Awas! 4 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Bayi

  • Bola bekel

Berbeda dengan anak laki-laki yang banyak bermain bola sepak, anak-anak perempuan zaman dulu juga memiliki permainan dengan bola kecil yang dapat memantul, bola bekel. Bola berbahan karet ini dibuat cantik dengan banyak warna bola bekel tersebut biasanya dimainkan bersama dengan beberapa biji kuningan.

Cara permainannya cukup mudah, hanya dengan memantulkan bola bekel sembari memungut biji kuningan yang tersebar. Bola bekel sendiri hanya boleh terpantul sekali sebelum ditangkap kembali, sementara biji kuningan yang diambil akan semakin meningkat. Pada awalnya biji kuningan diambil satu persatu, kemudian dua biji kuningan diambil dua buah sekaligus dan seterusnya. Permainan ini sangat bermanfaat dalam melatih reflex anak.

  • Bongkar pasang

Permainan ini menjadi salah satu mainan yang banyak dimainkan anak perempuan zaman dulu. Mainan ini terbuat dari kertas dengan gambar perempuan cantik. Cara memainkannya pun sangat mudah, si kecil cukup berperan sebagai pelaku dengan menggerakkan kertas dengan gambar tersebut seperti drama. Bahkan pemain dapat mengganti baju perempuan dalam kertas tersebut. Permainan ini sangat baik untuk melatih dan merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak.

Meski di zaman sekarang permainan bongkar pasang sudah sangat langka, ayah bunda masih dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas dengan cara yang sama melalui aplikasi Princess Cherry Fashion Tales :Dressup and Adventure. Secara umum, cara permainan ini sama dengan permainan bongkar pasang. Si kecil dapat mengganti dan memadu padankan pakaian, aksesoris, sepatu, hingga memilih perempuan yang ingin ia dandani.

Princess Cherry Fashion Tales :Dressup and Adventure juga dapat meningkatkan selera berpakaian anak. Si kecil dapat dengan bebas mencocokkan puluhan kaos, celana, gaun, aksesori, sepatu hingga gaya rambut. Ditambah dengan game-game menarik yang akan membuat permainan ini menjadi lebih menyenangkan.

Karakter Princess Cherry Fashion Tales :Dressup and Adventure juga dibuat dengan kualitas animasi yang bagus dan latar penuh warna. Anak-anak dapat dengan bebas menentukan outfit yang ingin ia kreasikan. Kebebasan berpikir ini yang akan membuat si kecil lebih lepas dalam mengekspresikan pemikiran dan keinginannya melalui style fashionnya sendiri.

Pada dasarnya setiap permainan memiliki manfaatnya tersendiri. Meski tidak dapat dirasakan secara langsung ataupun dalam waktu singkat, permainan itu akan membekas dan polanya akan membantu si kecil dalam kehidupannya. Ayah bunda sendiri sewaktu kecil memainkan permainan seperti apa? Ceritkan lewat kolom komen di bawah ya. Jangan lupa coba game seru Princess Cherry Fashion Tales :Dressup and Adventure!

Leave a comment