Jangan Lewatkan Manfaat Mendongeng bagi Anak!

Di era digital seperti sekarang, mendongeng menjadi hal yang jarang dilakukan oleh orang tua. Kebanyakn dari mereka menyerahkan tugas ini kepada teknologi yang dapat bercerita sekaligus menghibur buah hatinya. Tapi tahukah ayah bunda, bahwa mendongeng bukan hanya menjadi sarana untuk menyenangkan ataupun mengantarkan anak sebelum tidur? Memnongeng dapat menjadi saat yang tepat untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dan erat dengan si kecil.

Selain mempererat hubungan orang tua dan anak, mendongeng juga memiliki banyak manfaat lain. Simak beberapa manfat mendongeng dibawah ini agar ayah bunda dapat lebih mengetahu besarnya manfaat mendongeng bagi anak.

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional

Dalam kisah-kisah dongeng, terdapat nilai nilai moral dan etika yang dapat anak pelajari. Termasuk di dalamnya emosi para tokoh dalam cerita, maupun nilai kehidupan lainnya. Dengan membacakan dongeng secara langsung kepada anak, ayah bunda dapat mengontrol secara langsung bagaimana anak belajar mengungkapkan emosi.

Dengan begitu, meski si kecil membaca kisah dengan karakter tokoh yang tidak baik, orang tua dapat mengarahkan anak agar tidak mengikuti karakter tokoh tersebut. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar mengenai empati melalui dongeng. Ia dirangsang kepekaan situasi sosial di sekitarnya. Orang tua dapt mengajarkan secara langsung berempati pada lingkungan  dengan menghubungkannya dengan dongeng.

Baca juga Yuk Intip Beragam Jenis Dongeng untuk Anak!

  1. Meningktkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi

Melalui cerita-cerita dongeng, anak-anak dapat memeproleh banyak kosa kata baru yang dapat ia pelajari dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua juga dapat secara langsung mengajarkan kata-kata yang baik dan sopan kepada anak dengan membacakan dongeng. Dengan begitu, anak tidak mengambil kesimpulan ataupun meniru bahasa yang salah tanpa pengawasan ayah bunda.

Dengan meningkatnya kemampuan berbahasa, anak dapat dengan bebas mengungkapkan perasaan dan emosinya. Kemampuan berkomunikasi dan berpendapatpun dapat meningkat. Bahkan si kecil dapat dengan bebeas bertanya tanpa terganggu dengan minimnya kosa kata yang dapat ia gunakan untuk mengungkapkan keingintahuannya.

  1. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Dengan mendongeng, anak akan mengetahui dan belajar berbagai peristiwa maupun emosi yang ada dalam kehidupan. Imajinasi anak mengenai segala hal juga dapat meningkat. Disaat itulah orang tua dapat mulai berdialog, tidak hanya untuk mengasah imajinasi tetapi juga memberikan kesempatan si kecil untuk mengemukakan pendapatnya. Dengan begitu, kemampuan kognitif anak pun dapat lebih berkembang.

Daya imajinasi yang terus meningkat, akan membuat anak semakin kreatif. Pikiran anak akan lebih terbuka dan dinamis. Melalui banyak kisah yang diceritakan ayah bunda saat mendongeng, dapat memberikan pengaruh positif bagi si kecil saat mendapatkan masalah. Dengan banyaknya informasi yang ia dapatkan serta daya imajinasinya yang terus berkembang, ia akan lebih kreatif dalam menghadapi permasalahan.

Di era digital seperti sekarang, orang tua dapat dengan mudah memperoleh kisah-kisah menarik yang dapat menjadi dongeng yang menyenangkan bagi anak. Salah satunya melalui aplikasi membaca interaktif seperti kisah The Wolf and The Seven Sheep, Bedtime Story Fairytale. Aplikasi ini akan membantu ayah dan bunda dalam kegiatan mendongeng.

 

The Wolf and The Seven Sheep, Bedtime Story Fairytale adalah kisah mengenai tujuh anak domba yang ditinggal pergi ibunya sejenak. Di saat sang ibu pergi, seekor serigala jahat berencana memangsa anak-anak domba tersebut, hingga sang ibu kembali dan mendapati beberapa anaknya tidak berda di rumah.

 

Melalui kisah ini, anak-anak dapat belajar dengan lebih dekat dengan karakter-karakter lucu. Proses belajar dan mendongeng pun akan semakin menyenangkan. Ditambah dengan beberapa mini games yang dapat meningkatkan kecerdasan anak sekaligus mengasah ketelitian. Karakter yang lucu dan menarik juga bisa membuat anak semakin menyenangi dunia membaca dongeng.

 

Melalui kisah The Wolf and The Seven Sheep, Bedtime Story Fairytale, ayah dan bunda dapat lebih mendekatkan emosi dan mengerti pola pikir si kecil. Dongeng ini dapat menjadi pilihan yang tepat pula untuk meningkatkan daya imajinasi anak melalui penggambaran karakter yang menarik serta tampilan yang penuh warna.

 

Dilengkapi dengan tambahan fitur lainnya, seperti pemandu khusus “Princess Cherry”, hingga penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak, termasuk untuk balita dan pra-sekolah. Cerita yang menarik, ditambah dengan penggambaran yang apik, dipadu dengan keberadaan ayah bunda untuk membacakan dongeng The Wolf and The Seven Sheep, Bedtime Story Fairytale akan menjadi saat yang paling di tunggu si kecil.

 

Mendongeng dapat menjadi salah satu jalan agar kehidupan si kecil dapat lebih bahagia, dengan menghabiskan waktu berdialog, berimajinasi dan berhubungan erat dengan orang tua. Keberadaan teknologi dapat menjadi jembatan bagi orang tua untuk dapat lebih dekat dengan buah hatinya. Bagaimana menurut ayah bunda sendiri, sudahkah mendongeng untuk si kecil hari ini? Dongeng apa yang biasa dibacakan ayah bunda? The Wolf and The Seven Sheep, Bedtime Story Fairytale bisa jadi salah satunya. Jangan lupa komen jawabannya di bawah ya!

Leave a comment