Jangan Salah, Ini Cara Mendongeng yang Tepat!

Mendongeng menjadi salah satu cara yang efektif untuk belajar sekaligus menjalin hubungan yang erat  dengan buah hati. Beraga manfaat dapat dirasakan dari kegiatan mendongeng. Namun, hal yang tidak kalah penting selain aktivitas mendongeng itu sendiri adalah kemampuan membacakan cerita dengan baik.

Cara mendongeng yang tepat membuat manfaat dari mendongeng dapat diperoleh dengan maksimal. Baik kecerdasan, emosional, maupun hubungan yang terjalin dengan orang tua bisa didapatkan dengan teknik pembacaan dongeng yang tepat. Bagaimana caranya? Yuk simak bersama!

  1. Pilih cerita yang tepat

Langkah pertama yang dilakukan untuk mendongeng dengan baik dan tepat adalah dengan memilih cerita dengan cermat. Orang tua harus melihat kandungan cerita dan memilah yang mana yang cocok untuk buah hatinya. Hal ini dapat dilihat dari kesukaan si kecil, usia ataupun jalan cerita yang mampu memberikan pesan moral yang baik untuk anak-anak.

Selain itu, perlu diperhatikan pula panjang pendeknya cerita. Dengan durasi dongeng yang cukup, akan membuat aktivitas mendongeng menjadi lebih menyenangkan. Dongeng yang panjang akan membuat anak bosan dan sulit berkonsentrasi. Sedangkan dongeng yang pendek dapat membuat si kecil kesulitan menangkap nilai-nilai moral yang ada.

  1. Tambahkan improvisasi dan ekspresi

Si kecil akan lebih tertarik dan konsentrasi mendengarkan jika orang tua menceritakan dengan menambahkan improvisasi tanpa mengubah alur cerita. Ayah bunda dapat berimprovisasi melalui kata-kata, misalnya dengan mengganti kata yang ada dalam cerita menggunakan kata yang bisa dipahami ataupun biasa digunakan si kecil.

Ayah bunda juga dapat membuat ekspresi tertentu agar anak lebih mudah mengerti. Meniruka suara toko, menggerakkan naggota badan, bahkan mengatur ekspresi wajah dapat membuat cerita yang dibacakan menjadi lebih hidup. Cerita yang menarik dan hidup dapat membuat aktivitas mendongeng menjadi lebih menyenangkan.

  1. Interaksi

Untuk membuat anak lebih berkonsentrasi dan tidak bosan terhadap dongeng yang diceritakan, ayah bunda dapat mengajak si kecil berinteraksi. Di sela-sela mendongeng, orang tua dapat menarik perhatian anak dengan meningkatkan partisipasinya. Misalnya dengan bertanya pendapat si kecil mengenai salah satu bagian cerita, atau apakah anak memahami cerita dengan baik.

Mendongeng  sebenarnya adalah proses komunikasi dua arah. Tidak hanya aktivitas membaca buku tetapi juga proses orang tua memahami, merangsang dan mengarahkan pola pikir anak. Dengan begitu si kecil dapat merasakan keberadaannya sebagai subjek aktif yang memiliki pendapatnya sendiri, bukan hanya objek pasif yang hanya mendengarkan cerita saja.

Salah satu cerita yang cocok untuk aktivitas mendongeng ayah bunda adalah Little Red Riding Hood, Bedtime Story Fairytale. Kisah ini menceritakan tentang kisah Red Riding Hood kecil yang diminta ibunya untuk mengantarkan makanan kepada neneknya yang tinggal di hutan. Dalam perjalanan seekor serigala berencana untuk memakan si kecil Red Riding Hood.

 

Melalui cerita ini, si kecil dapat belajar mengenai kepatuhan pada perintah orang tua dan nilai-nilai lain yang dapat diperoleh saat membaca Little Red Riding Hood, Bedtime Story Fairytale. Ayah bunda pun dapat berimprovisasi dan berekpresi dengan bebas melalui cerita ini. Terdapt banyak tokoh menari yang dapat dikembangkan menjadi lebih menarik.

 

Ditambah dengan penggambaran karakter yang lucu dan latar penuh warna dapat membuat poses membaca dongeng semakin menyenangkan. Terdapat pula mini games yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dengan begitu tingkat partisipasi si kecil dapat meningkat dan membaca dongeng menjadi lebih mengasyikkan.

 

Cara yang tepat dalam bercerita menjadi tituk tumpu manfaat mendongeng itu sendiri. Jika tidak dilakukan dengan langkah yang tepat, ayah bunda tidak dapat mendapat manfaat maskimal daru mendongeng. Bahkan bukan tidak mungkin jika waktu mendongeng menjadi saaat yang tidak disenangi si kecil. Kalau ayah bunda sendiri bagaimana cara mendongeng pada si kecil? Adakah trik atau tips khusus dalam mendongeng? Ceritakan di kolom komen ya! Jangan lupa coba aplikasi membaca interaktif Little Red Riding Hood, Bedtime Story Fairytale!

Leave a comment